Senjata Tradisional Gorontalo Lengkap Gambar dan Keterangannya

Setiap daerah dan wilayah yang ada Indonesia memiliki keberagaman budaya dan keunikan adat tradisi serta pusaka-pusak peninggalan nenek moyang sebagai bukti sebuah peradaban yanga da di setiap daerah dan salah satu bukti peninggalan sebagai pusaka yang di turunkan secara turun temurun adala senjata pusaka (senjata tradisional)

Senjata tradisional pada setiap daearh memiliki ciri khas dan keunikan bentuk dan corak yang menyertai senjata tersebut. Secara umum senjata adat tradisional memiliki fungsi sebagai senjata untuk melindungi diri dari serangan musuh juga sebagai perkakas untuk meringankan pekerjaan di lading dan pekerjaan di rumah tangga

seperti daerah lain di Indonesia provinsi gorontalo pun mempunyai beberapa jenis senjata adat tradisional yang di wariskan secara turun temurun yang tentunya memiliki nama jenis dan ciri khas tersendiri berikut keterangan dan penjelasan lengkap senjata tradisional gorontalo

6 Jenis Senjata Tradisional Gorontalo

Wamilo

Wamilo


Wamilo merupakan salah satu senjata tradisional sejenis keris tetapi tidak memiliki banyak lekukan seperti senjata keris pada umumnya senjata tradisional ini merupakan peninggalan leluhur Gorontalo yang digunakan dibidang pertanian juga di saat beperang melawan penjajah.

Aliyawo

Aliyawo

Aliyawo merupakan senjata sejenis parang atau golok dengan gagang nya yang berbentuk seperti kepala burung serta memiliki sarung yang terbuat dari bahan kayu senjata tradisional masyarakat Gorontalo yang digunakan pada waktu perang panipi oleh para prajurit kerajaan dalam merebut kekuasaan.Senjata ini dipakai oleh empat kerajaan yakni kerajaan Limboto, Suwawa,Gorontalo, dan Gowa.

Banggo

Banggo

Banggo merupakan senjata tradisional Gorontalo sejenis golok yang digunakan leluhur masyarakat Gorotnalo Banggo terbuat dari besi dan memiliki pasangan ta’upo /sarung dari kayu hitam dan kayu kuning. Senjata Banggo adalah senjata yang umum dimiliki oleh masyarakat untuk mengolah perkebunan.

Baladu

Baladu

Baladu merupakan senjata tradisional masyarakat Gorontalo sejenis parang dengan ukuran panjang sekitar 40-45cm yang terbuat dari besi baja dengan dilengkapi sarung dari bahan kayu keras. dulu senjata ini sering digunakan di dalam medan perang pada zaman dahulu. Senjata ini termasuk senjata yang di pakai masyarakat Gorontalo pada perang panipi.

Badi

Badi

Badi merupakan senjata jarak dekat dan senjta rahasia tradisional Gorontalo karena memiliki ukuran kecil. Senjata tradisional badi merupakan salah satu peninggalan leluhur Gorontalo yang dipakai dalam berperang dan menjaga diri Badi dibuat dari bahan logam / besi dan sarungnya (ta‟upo) terbuat dari kayu keras.

Totobu’o Yilambua

Totobu’o Yilambua

Senjata Totobu’o Yilambua adalah salah satu senjata tradisional Gorontalo berjenis tombak yang digunakan dalam berperang melawan penjajah. Totobu’o Yilambua berukuran + 205 cm, bahan gagang senjata terbuat dari kayu hitam sedangkan mata tombak terbuat dari besi putih. Terdapat elemen serat enau melingkari bagian pangkal mata senjata.

0 Komentar